Pages

[Nasihat Islami] Untuk Para Pencari Nafkah

Mungkin kau tak tau dimana rezeki mu, tapi rezeki mu tahu dimana engkau. Dari langit, laut, gunung, dan lembah. Rab memerintahkan nya  menujumu, Allah berjanji menjamin rezeki mu, maka melalaikan ketaatan padanya demi megkhawatirkan apa yang sudah di jamin nya adalah kekeliruan berganda.


Tugas kita bukan mengkhawatirkan rezeki, atau bermuluk cita memiliki, melainkan menyiapkan jawaban dari mana dan untuk apa, atas setiap karunia nya. Betapa banyak orang bercita menggenggam dunia dia lupa bahwa hakikat rezeki bukanlah yang tertulis dalam angka tapi apa yang di nikmati nya. Btapa banyak orang bekerja, membanting tulangnya, memeras keringatnya, demi angka simpanan gaji yang mungkin esok pagi di tinggalkannya. Amatlah keliru jika bekerja dimaknai pasrah kepada usaha kita, bekerja itu bagian dari ikhtiar,tawakall, tetap kepada Allah SWT. Sedangkan rezeki itu urusan Nya.

Kita bekerja untuk bersyukur, menegakan taat dan berbagi manfaat. Tapi rezeki tak selalu terletak di pekerjaan kita, Allah maha tahu sekehendak Nya. Bukanlah Hajar berlari 7 kali bolak-balik dari shofaa ke marwah, tapi zam-zam justru terbit di kaki ismail yakni bayinya.

Ikhtiar itu laku perbuatan, rezeki itu kejutan, yakni kejutan untuk di syukuri hamba bertaqwa. Datang dari arah yang tak terduga, tugas kita hanya menempuh jalan halal, Allah lah yang melimpahkan bekal. Sekali lagi yang terpenting di setiap kali kita meminta dan Allah memberi karunia, jagalah sifat saat menjemputnya. Betapa banyak yang merasa memiliki manis nya dunia, lupa bahwa semua hanya hak pakai yang halalnya akan di hisab dan haramnya akan di adzab.

Dengan itu kita mohon اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ (Tunjukanlah kami jalan yang lurus) petunjuk ke jalan orang nan diberi mikmat ikhlas di sunia, dan nikmat ridho Nya di akhirat. Bukan jalannya yang terkutuk apalagi jalan orang yang tersesat. Maka segala puji hanya bagi Allah SWT, hanya dengan nikmat Nya lah  maka kebaikan menjadi paripurna.

adeirawan

"Live like a King, Die like a Legend"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar