Pages

Metode Pengiriman IPv4

Hallo sobat, bertemu lagi dengan admin.. account nya ganti nih dulu nya elfaqihshare.blospot.co.id sudah diganti seperti alamat website di atas. Oke kali ini ane akan bercerita tentang bagaimana sih Metode pengiriman IPv4. Ternyata ilmu itu harus di catat ya sob, sebagaimana Imam Syafi'i pernah berkata :


قال الإمام الشافعي رضي الله عنه

العلم صيد والكتابة قيده قيّد صيودك بالحبال الواثقة
فمن الحمقة أن تزيل غزالة وتتركها بين الخلائق طالقة

"Ilmu pengetahuan itu buruan dan tulisan adalah talinya
Ikatlah binatang buruanmu dengan tali yang kuat
Maka termasuk ketotolan bila anda berburu seekor rusa
Lalu membiarkannya terlepas di antara orang banyak"


Menginspirasi untuk rajin nyatet ya sob kata kata imam syafi'i. Maka dari itu, mari kita rajin nyatet biar ilmu nya ga lari lari.. Hehe. Semoga ilmu kita barokah dan di jauh kan dari bencana ilmu yaitu lupa. Eiittsss, malah tausiah :D

Cekidot, metode pengiriman IPv4

Pertama kali ane dateng ke program pesantren IDN, Mas Egi salah satu pembimbing kami bertanya tentang apa sih bedanya unicast, multicast, broadcast dan anycast. Ane waktu itu masih bingung apa sih itu, ane masih newbie di bidang networking.. akhirnya ane cari" dan tanya tanya kepada yang lebih dulu tau, oohh ternyata metode pengiriman IPv4. Langsung lah jangan perlu basa basi penjelasan nya..

1. Unicast
Unicast merupakan salah satu pengiriman dari IPv4. yang secara konsep nya adalah point to point artinya paket yang di kirim hanya dari sumber ke tujuan



Contoh nya seperti pada gambar di atas, dapat di analogi kan seperti ada 5 orang yang saling kenal satu sama lain dan kondisi nya sedang berkumpul. si PC1 ngobrol dengan PC2. nah.. maka yang lain nya tidak dapat berbicara ataupun mendengar. Kesimpulannya yang bicara hanya berdua saja (PC1 dan PC2)

Unicast biasanya digunakan di  protocol: HTTP, FTP, SMTP, Telnet, DNS, dsb.

2. Multicast
Multicast digunakan dengan konsep one to many artinya satu paket ke banyak penerima pada node dengan segment jaringan yang sama yang tergabung dalam kumpulan grup tertentu.


Penjelasan nya begini sob, router A mengirimkan paket atau saling ngobrol ke C,D,F,G sedangkan B,E,H tidak ikut obrolan tersebut. Contoh biar lebih gampang nya pelatih basket berbicara kepada tim nya sedangkan lawan dan penontonnya tidak dapat mendengar obrolan si pelatih basket trersebut. 

Multicast bejalan pada video live streaming, IPTV, Radio Online. Dan juga multicast biasanya digunakan untuk komunikasi routing protokol untuk mencari jalur tercepat.

3. Broadcast
Broadcast digunakan dengan konsep "one to everyone" maksudnya adalah metode pengiriman komunikasi yang di desain semua paket yang dikirim agar di proses oleh setiap node ip dalam segment dan jaringan yang sama.


Contohnya, apabila A mengirimkan paket atau data broadcast maka semua node atau setiap komputer yang aktif dalam satu segment akan menerima paket tersebut dan memprosesnya.

Analoginya seperti pemimpin upacara sedang berpidato kepada peserta upacara, ketika pemimpin upcara menyampaikan pidato kepada peserta upacara maka mendengarkan isi pidato tersebut.
Contoh nyatanya dari broadcast ini adalah paket NETBIOS yang dikirim oleh windows setiap periode tertentu.


Begitulah metode pengiriman IPv4 ada 3 metode pengiriman yaitu : Unicast, Multicast dan Broadcast. Lalu anycast apa dong yak.. Ternyata setelah kita disscuss rame rame, anycast itu untuk IPv6 yang di gunakan dengan konsep dari satu ke banyak sama seperti broadcast, namun peket yang dikirim melalui gateway yang terdekat karena di IPv6 tidak ada ip broadcast.

Semoga bermanfaat !

adeirawan

"Live like a King, Die like a Legend"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar